Kajian Literatur: Konten Media Sosial sebagai Strategi Pemasaran Digital pada UMKM di Indonesia

Authors

  • Annisa Tusholihah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Shelly Novita Putri Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Putri Ardelia S. D. Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Jihan Nur J. S. Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Razieq Alief A. Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Djoko Hananto Universitas Muhammadiyah Jakarta

Keywords:

media sosial, pemasaran digital, umkm, strategi pemasaran, perilaku konsumen

Abstract

Artikel ini menjelaskan tentang bagaimana konten media sosial mampu menjadi salah satu strategi pemasaran digital dan dapat digunakan oleh UMKM di Indonesia. Dari platform media sosial di Indonesia penulis akan membahas empat platform media sosial, yaitu ada Tiktok, Instagram, Facebook, dan Twitter. Penelitian ini disusun dengan menggunakan pendekatan atau desain penelitian literature review atau kajian literatur. Hasil dan pembahasan dalam artikel ini memuat penjelasan dari beberapa literatur relevan yang telah ada sebelumnya terkait pemasaran digital, konten media sosial, dan klasifikasi UMKM di Indonesia. Kesimpulan dari artikel ini adalah bahwa penggunaan konten media sosial sebagai sarana promosi telah menjadi strategi yang populer dalam dunia komunikasi pemasaran digital. Dengan menggunakan sudut pandang konsumen, konten media sosial menciptakan hubungan antara pemasar dan konsumen melalui pembuatan dan penyebaran informasi terkait produk yang tidak hanya mampu menjangkau konsumen, namun juga membawa perubahan pada perilaku mereka sehari-hari.

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

Tusholihah, A., Shelly Novita Putri, Putri Ardelia S. D., Jihan Nur J. S., Razieq Alief A., & Djoko Hananto. (2023). Kajian Literatur: Konten Media Sosial sebagai Strategi Pemasaran Digital pada UMKM di Indonesia. Philosophiamundi, 1(3). Retrieved from https://philosophiamundi.id/index.php/philosophia/article/view/11