Pembelajaran Mendalam : Penekanan Pada Proses Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Penilaian Belajar Siswa

Authors

  • Moh. Dwi Prayoga Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Wikan Sasmita Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Azrai Mahendra Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

pembelajaran mendalam, hasil pembelajaran, penilaian, proses pembelajaran

Abstract

 

Pembelajaran mendalam dalam konteks pendidikan tidak hanya berkaitan dengan teknologi tetapi juga mengacu pada pendekatan pedagogis yang menekankan pada pemahaman konseptual yang komprehensif, interkoneksi antar mata pelajaran, dan penerapan pengetahuan dalam situasi kehidupan nyata. Kajian literatur ini bertujuan untuk mengkaji peran pendekatan pembelajaran deep learning dalam meningkatkan hasil penilaian belajar siswa. Melalui analisis terhadap berbagai penelitian dan teori pendidikan, ditemukan bahwa deep learning mendorong siswa untuk berpikir kritis, reflektif, dan aktif mengkonstruksi pengetahuan yang pada akhirnya berdampak positif terhadap hasil belajar. Dibandingkan dengan pembelajaran permukaan yang hanya berfokus pada hafalan dan hasil akhir, pembelajaran mendalam memungkinkan siswa untuk mendapatkan pemahaman yang lebih bermakna dan bertahan lama. Artikel ini juga membahas strategi untuk menerapkan pembelajaran mendalam di kelas, seperti penggunaan pertanyaan terbuka, pembelajaran berbasis masalah, dan penilaian formatif yang berkelanjutan. Temuan menunjukkan bahwa penerapan pendekatan ini secara konsisten dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan prestasi siswa.

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Prayoga, M. D., Sasmita, W., & Mahendra, A. (2025). Pembelajaran Mendalam : Penekanan Pada Proses Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Penilaian Belajar Siswa. Philosophiamundi, 3(3), 548–554. Retrieved from https://philosophiamundi.id/index.php/philosophia/article/view/144