Penguatan Kapasitas Lembaga Pendidikan Integratif melalui Program Pendampingan Manajerial, Kurikulum, dan Pembelajaran Digital di Nurul Ilmi Integrated Learning Center

Authors

  • Salasullail Akbar Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Muhammad Fauzi Ilham Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Muhammad Hambal Shafwan Universitas Muhammadiyah Surabaya

Keywords:

pendidikan integratif, pengabdian masyarakat, penguatan lembaga

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan untuk mendukung penguatan kapasitas kelembagaan Nurul Ilmi Integrated Learning Center, sebuah lembaga pendidikan yang mengintegrasikan pembelajaran akademik, nilai-nilai Islam, dan literasi teknologi. Kegiatan dilakukan melalui pendekatan deskriptif-partisipatif yang mencakup analisis kebutuhan, pelatihan manajerial, pengembangan kurikulum, peningkatan kompetensi pengajar, dan strategi pemasaran digital. Hasil pendampingan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam sistem tata kelola lembaga, penyusunan kurikulum terstruktur yang lebih adaptif terhadap perkembangan siswa, serta meningkatnya keterampilan pengajar dalam menerapkan metode pembelajaran modern berbasis teknologi. Selain itu, strategi branding dan pemasaran digital mulai menunjukkan dampak positif dalam meningkatkan visibilitas lembaga di masyarakat. Evaluasi kegiatan mengindikasikan bahwa meskipun terjadi perkembangan yang substansial, lembaga masih memerlukan konsistensi dalam penerapan SOP, pelatihan berkelanjutan bagi pengajar, dan penguatan identitas merek untuk menjaga keberlanjutan program. Secara keseluruhan, program pengabdian ini berhasil membangun fondasi penting bagi perkembangan lembaga pendidikan integratif yang mampu merespons kebutuhan abad ke-21 serta meningkatkan kualitas layanan pendidikan kepada masyarakat.

Downloads

Published

2025-11-21

How to Cite

Akbar, S., Ilham, M. F., & Shafwan, M. H. (2025). Penguatan Kapasitas Lembaga Pendidikan Integratif melalui Program Pendampingan Manajerial, Kurikulum, dan Pembelajaran Digital di Nurul Ilmi Integrated Learning Center. Philosophiamundi, 3(5), 41–51. Retrieved from https://philosophiamundi.id/index.php/philosophia/article/view/162