Penguatan Literasi Digital Mahasiswa Dalam Perspektif Nilai-Nilai Pancasila

Authors

  • Siti Masyrofah Universitas Bandar Lampung

Keywords:

literasi digital, Pancasila, etika bermedia, pedidikan tinggi, karakter kebangsaan

Abstract

Penguatan literasi digital mahasiswa menjadi urgensi baru seiring meningkatnya arus informasi yang tidak terkendali serta melemahnya kemampuan kritis dalam memilah konten yang relevan, aman, dan etis, sehingga diperlukan landasan nilai Pancasila sebagai pijakan moral dalam berinteraksi di ruang digital. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi bagaimana nilai-nilai Pancasila dapat diintegrasikan ke dalam pengembangan literasi digital mahasiswa agar mampu membangun perilaku bermedia yang bertanggung jawab. Studi ini menggunakan desain penelitian deskriptif-kualitatif dengan metode wawancara, survei persepsi, dan telaah dokumen kurikulum untuk menggali pemahaman mahasiswa terhadap nilai kebangsaan dalam konteks digital. Pendekatan normatif-filosofis dipadukan dengan analisis tematik untuk menelaah hubungan antara nilai Pancasila dan praktik literasi digital. Temuan menunjukkan bahwa nilai kemanusiaan, persatuan, dan musyawarah berkontribusi signifikan terhadap penguatan kemampuan evaluatif, etika bermedia, dan kesadaran akan dampak sosial informasi digital. Kesimpulannya, integrasi nilai Pancasila dalam literasi digital merupakan strategi penting untuk membentuk karakter kewargaan mahasiswa yang matang dan relevan diterapkan secara sistematis dalam pendidikan tinggi.

Downloads

Published

2025-12-08

How to Cite

Masyrofah, S. (2025). Penguatan Literasi Digital Mahasiswa Dalam Perspektif Nilai-Nilai Pancasila. Philosophiamundi, 3(6), 34–42. Retrieved from https://philosophiamundi.id/index.php/philosophia/article/view/169