Penguatan Karakter Islami Melalui Pembelajaran Aktif Di Bimbingan Belajar Nurul Ilmi

Authors

  • Alif Ibrahim Tauhid Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Muhammad Hambal Shafwan Universitas Muhammadiyah Surabaya

Keywords:

Karakter Islami, Pembelajaran Aktif, Penelitian Tindakan Kelas, Amanah, Mas'uliyyah, Bimbel

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan Pembelajaran Aktif (Active Learning) dalam menguatkan karakter Islami peserta didik di Bimbingan Belajar (Bimbel) Nurul Ilmi. Isu utamanya adalah terbatasnya internalisasi nilai-nilai Islami (seperti Amanah, Disiplin, Shiddiq, dan Mas'uliyyah) akibat dominasi metode pembelajaran konvensional. Kegiatan dilakukan dalam dua siklus, menggunakan instrumen observasi, angket, dan wawancara. Siklus I menerapkan Group Discussion dan Role Playing, sedangkan Siklus II menerapkan Project Based Learning (PJBL) dan Case Study. Hasil kuantitatif menunjukkan peningkatan signifikan pada semua karakter yang diteliti. Peningkatan tertinggi tercatat pada karakter Tanggung Jawab (Mas'uliyyah) sebesar 38% setelah Siklus II, membuktikan korelasi kuat antara PJBL dan peningkatan tanggung jawab siswa. Secara kualitatif, siswa menunjukkan antusiasme yang lebih tinggi dan tutor melaporkan penilaian karakter yang lebih otentik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pembelajaran Aktif berfungsi sebagai katalisator efektif yang mengubah konsep karakter abstrak menjadi tindakan nyata, sehingga sangat direkomendasikan untuk diintegrasikan secara permanen dalam kurikulum Bimbel Nurul Ilmi

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Tauhid, A. I., & Shafwan, M. H. (2025). Penguatan Karakter Islami Melalui Pembelajaran Aktif Di Bimbingan Belajar Nurul Ilmi. Philosophiamundi, 3(3), 478–484. Retrieved from https://philosophiamundi.id/index.php/philosophia/article/view/170