Memahami Analisis Pekerjaan Sebagai Dasar Perencanaan Sumber Daya Manusia
Keywords:
Analisis Pekerjaan, Sumber Daya ManusiaAbstract
Analisis pekerjaan adalah suatu kegiatan sistematis untuk menentukan tugas, kewajiban, dan tanggung jawab suatu posisi, serta pengetahuan, kemampuan, dan keahlian yang diperlukan. Tujuan analisis pekerjaan mencakup berbagai aspek, seperti menentukan kualifikasi yang diperlukan, mendukung seleksi dan penarikan karyawan, mengevaluasi kebutuhan akan program latihan, menilai keluhan tentang keadilan dan kompensasi, mengevaluasi kebutuhan akan promosi atau pemindahan karyawan, menentukan kebutuhan. Analisis pekerjaan tradisional dan berorientasi pada hasil adalah dua jenis analisis pekerjaan. Wawancara, pengisian kuesioner, dan observasi langsung adalah cara umum untuk mendapatkan data analisis pekerjaan. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi menggabungkan beberapa metode dapat menghasilkan hasil yang lebih lengkap.Baik publik maupun swasta, analisis pekerjaan mencakup deskripsi pekerjaan, klasifikasi pekerjaan, evaluasi pekerjaan, restrukturisasi pekerjaan, persyaratan karyawan dan spesifikasi, pelatihan karyawan, mobilitas karyawan, efisiensi, keamanan, dan perencanaan tenaga kerja. Analisis pekerjaan yang baik dapat memastikan keberhasilan dalam mencapai tujuan dan mengelola sumber daya manusia dengan baik.