Peran Media Pembelajaran Berbasis Etno-Steam Pada Proses Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Muhammad Rinov Cuhanazriansyah
  • Yuniana Cahyaningrum

Keywords:

aktivitas belajar, hasil belajar kimia, Problem Based Learning (PBL)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kimia dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) menggunakan media pembelajaran kartu arisan. Subjek penelitian adalah peserta didik SMA Jurusan IPA Kota Bengkulu yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022-2023. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar pengetahuan peserta didik pada materi titrasi asam dan basa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan persentase hasil belajar klasikal. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam hasil belajar dan aktivitas peserta didik pada setiap siklusnya dengan penerapan model PBL menggunakan media kartu arisan. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik dari nilai rata-rata tes hasil belajar siklus I dan siklus II yaitu sebesar 55,6 dan 84,6 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I dan siklus II yaitu sebesar 52,8% dan 83,3%.

Downloads

Published

2023-12-07

How to Cite

Muhammad Rinov Cuhanazriansyah, & Yuniana Cahyaningrum. (2023). Peran Media Pembelajaran Berbasis Etno-Steam Pada Proses Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas. Philosophiamundi, 1(2). Retrieved from https://philosophiamundi.id/index.php/philosophia/article/view/8