Evaluasi Pendidikan Berbasis Nilai Islam: Kajian Konseptual Berdasarkan Pemikiran Syed Muhammad Naquib al-Attas

Penulis

  • Muhammad Atho'illah Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Sri Minarti Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

Kata Kunci:

evaluasi pendidikan Islam, ta’dib, transformasi diri, Syed M. N. al-Attas, nilai-nilai Islam

Abstrak

Artikel ini mengkaji konsep evaluasi pendidikan dalam perspektif Islam berdasarkan pemikiran Syed Muhammad Naquib al-Attas, khususnya melalui karya monumental beliau The Concept of Education in Islam. Dalam pandangan al-Attas, pendidikan adalah proses ta’dib, yaitu pembentukan adab yang menyatukan ilmu, amal, dan akhlak. Evaluasi dalam pendidikan Islam seharusnya tidak terbatas pada penilaian akademik semata, tetapi juga menjadi instrumen untuk mengukur transformasi diri peserta didik, melalui dimensi spiritual, moral, dan sosial. Pendekatan ini bertolak belakang dengan sistem evaluasi konvensional yang cenderung netral nilai. Dengan metode studi pustaka, artikel ini menelusuri landasan filosofis evaluasi Islami serta memperkuatnya dengan berbagai studi kontemporer. Hasil kajian menunjukkan bahwa evaluasi berbasis nilai Islam berkontribusi signifikan terhadap pembentukan insan kamil yang beradab dan bertanggung jawab.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-05-13

Cara Mengutip

Atho’illah, M., & Minarti, S. (2025). Evaluasi Pendidikan Berbasis Nilai Islam: Kajian Konseptual Berdasarkan Pemikiran Syed Muhammad Naquib al-Attas. Philosophiamundi, 3(3). Diambil dari https://philosophiamundi.id/index.php/philosophia/article/view/132