Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Untuk Meningkatkan Kesadaran Siswa Terhadap Bullying Melalui Materi PAI Di Kelas IX SMP Terpadu Darul Dakwah
Kata Kunci:
Think talk write, bullying, PAIAbstrak
Kejadian pembullyan antar siswa masih menjadi permasalahan yang masih sering dijumpai di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran think talk write dalam upaya meningkatkan kesadaran siswa terhadap fenomena bullying di kalangan siswa kelas IX SMP Terpadu Darul Dakwah melalui materi Pendidikan Agama Islam (PAI). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukan dengan dua siklus dan empat tahapan pelaksanaan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama Terpadu Darul Dakwah. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model think talk write dapat meningkatkan kesadaran siswa mengenai bullying, yang tercermin dari peningkatan aktivitas belajar siswa yang semakin meningkat disetiap pertemuan. Selain itu, siswa juga menunjukkan partisipasi aktif dalam diskusi kelompok yang berkontribusi pada pemahaman mereka tentang dampak bullying. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran think talk write efektif dalam meningkatkan kesadaran siswa terhadap bullying melalui materi PAI, sehingga diharapkan dapat diterapkan dalam pembelajaran