Adaptasi Model Gamifikasi Classcraft untuk Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Peserta Didik di Indonesia: Suatu Studi Konseptual
Kata Kunci:
Gamifikasi, Pendidikan Agama Islam, Classcraft, Model PembelajaranAbstrak
Perkembangan teknologi pendidikan mendorong kebutuhan inovasi pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan karakter peserta didik. Salah satu pendekatan yang berkembang secara global adalah gamifikasi, yaitu penggunaan elemen permainan dalam konteks pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengadaptasi model gamifikasi Classcraft, yang telah berhasil diterapkan pada konteks pendidikan luar negeri, menjadi kerangka konseptual pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang sesuai dengan karakteristik peserta didik di Indonesia. Penelitian menggunakan pendekatan conceptual Research and Development (R&D) melalui tahapan kajian literatur, analisis konteks pendidikan Indonesia, adaptasi elemen gamifikasi, perancangan model pembelajaran, dan analisis kesesuaian teoretis. Hasil penelitian menghasilkan model gamifikasi PAI yang mengintegrasikan poin pahala, lencana akhlak, kartu misi ibadah, sistem level karakter Islami, serta refleksi muhasabah dan kerja kolaboratif dalam jamaah belajar. Model ini dirancang untuk memperkuat nilai spiritual, akhlak, dan motivasi intrinsik peserta didik sekaligus mendukung prinsip Kurikulum Merdeka. Temuan penelitian menunjukkan bahwa gamifikasi berbasis nilai Islam memiliki potensi besar dalam menciptakan pengalaman belajar yang bermakna, menyenangkan, dan relevan dengan kebutuhan generasi digital Muslim di Indonesia. Penelitian ini memberikan kontribusi berupa desain konseptual yang dapat dijadikan landasan untuk pengembangan media gamifikasi dan uji coba empiris pada penelitian selanjutnya.
