Kajian Literatur: Dampak Sertifikasi Halal untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM di Indonesia

Penulis

  • Afina Fadhilah Hayya Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Annisa Larasati Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Hammas Az-Zakkiy Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Bintang Putra Seme Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Raja Haekal Jarot Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Djoko Hananto Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstrak

This article explains how halal certification can have a positive impact on the  competitiveness of MSMEs in Indonesia. The increasing trend and number of requests  for halal products is an encouragement for the government and all related elements to  continue to provide outreach and assistance to MSMEs to obtain halal certification  through LPPOM-MUI and BPJPH. The results and discussion of this article contain  explanations from several previously existing related literature regarding halal  certification as well as the classification and competitiveness of MSMEs in Indonesia.  The conclusion of this article is that socializing and assisting the halal certification  process is important, because halal certificates and labels can support consumer  confidence in a product and increase sales turnover.

 

Keywords: halal certification, halal products, MSMEs

 

Abstrak

 

Artikel ini menjelaskan tentang bagaimana sertifikasi halal dapat memberikan dampak  positif terhadap daya saing UMKM di Indonesia. Tren dan jumlah permintaan produk halal yang semakin meningkat merupakan dorongan pemerintah dan seluruh elemen  terkait untuk terus melakukan sosialasi dan pendampingan UMKM guna mendapatkan  sertifikasi halal melalui LPPOM-MUI dan BPJPH. Hasil dan pembahasan artikel ini  memuat penjelasan dari beberapa literatur terkait yang telah ada sebelumnya mengenai  sertifikasi halal serta klasifikasi dan daya saing UMKM di Indonesia. Kesimpulan dari  artikel ini adalah sosialisasi dan pendampingan proses sertifikasi halal merupakan hal  penting, sebab sertifkat dan label halal dapat menunjang kepercayaan konsumen terhadap  suatu produk dan peningkatan omzet penjualan.

 

Kata Kunci: sertifikasi halal, produk halal, UMKM

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-02

Cara Mengutip

Afina Fadhilah Hayya, Annisa Larasati, Hammas Az-Zakkiy, Seme, B. P., Jarot, R. H., & Hananto, D. (2024). Kajian Literatur: Dampak Sertifikasi Halal untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM di Indonesia. Philosophiamundi, 1(3). Diambil dari https://philosophiamundi.id/index.php/philosophia/article/view/23