Efektifitas dan Peranan Perangkat Pembelajaran berbasis Proyek dalam Upaya Peningkatan Daya Serap Materi Peserta Didik di Sekolah Menengah Kejuruan
Kata Kunci:
pembelajaran berbasis proyek, pengembangan perangkat pembelajaran, validitas, kepraktisan, keefektifanAbstrak
Pembelajaran Teknik Keamanan Jaringan belum memiliki perangkat pembelajaran yang inovatif dan terintegrasi dengan materi pembelajaran Jaringan Komputer. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis proyek untuk mata pelajaran Jaringan Komputer dengan menggunakan model pengembangan 4- D. Subjek penelitian adalah siswa jurusan Teknik Keamanan Jaringan. Data primer diperoleh dari guru dan siswa dengan menggunakan angket. Metode analisis data deskriptif digunakan untuk menjelaskan validitas, kepraktisan, dan efektivitas perangkat pembelajaran berbasis proyek. Langkah-langkah pengembangan perangkat pembelajaran berbasis proyek meliputi pembuatan perangkat pembelajaran, validitas perangkat pembelajaran berbasis proyek, kepraktisan perangkat pembelajaran berbasis proyek, dan keefektifan perangkat pembelajaran berbasis proyek. Pembelajaran berbasis proyek dapat membantu siswa belajar secara mandiri dan meningkatkan kreativitas, kemandirian, tanggung jawab, kepercayaan diri, berpikir kritis, dan analitis siswa. Pembelajaran berbasis proyek didukung oleh teori belajar konstruktivisme, di mana pengetahuan tumbuh dan berkembang melalui pengalaman